Hell Yeah Pointer 1 LPJ LDKRM UNIGAL 2010-2011 ~ LAUTAN ASA

Wednesday, July 13, 2011

LPJ LDKRM UNIGAL 2010-2011

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PENGURUS
LEMBAGA DAKWAH KAMPUS RAUDLATUL MUTTAQIN
UNIVERSITAS GALUH
MASA JIHAD 2010-2011


KETUA UMUM


I. PENDAHULUAN
“Setiap kalian adalah pemimpin, dan setiap kalian akan ditanya atas kepemimpinannya itu. (Al Hadist)”
Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, dzat yang telah memberikan banyak kenikmatan dan kemurahan kepada kita di dalam mengarungi dakwah dijalan-NYA.. Shalawat dan salam semoga senantiasa dilimpahkan kepada panutan ummat, suri tauladan, Nabi dan Rasul akhir jaman, yakni Muhammad SAW, juga kepada keluarganya, para sahabat serta kepada orang-orang yang istiqamah menjalankan ajarannya termasuk kita semua.
Sebuah kemestian seorang pemimpin akan dimintai pertanggung jawabannya atas amanah yang diembankan. LDK Raudlatul Muttaqin sebagai salah satu UKM di Universitas Galuh yang telah melaksanakan bagian daripada dakwahnya selama satu periode kepemimpinan, yaitu lebih kurang satu tahun. akan mempertanggungjawabkan pula amanah yang telah diemban selama periode kepemimpinan ini. Dalam hal ini diperlukan adanya estapeta perjuangan kepada penerus yang memiliki jiwa-jiwa (Al Mujadid) pembaharu, memiliki semangat dakwah, pola pikir yang Islami, serta memiliki karakteristik da’i yang akan menjadi pelayan masyarakat kampus perjuangan Universitas Galuh dalam memenuhi kebutuhan ruh serta mental spiritual.
Lembaga dakwah kampus (LDK) merupakan motor utama dari seluruh aktivitas dakwah. Dari LDK-lah aktifitas dakwah bermula, lalu berkembang memperluas sayapnya meliputi sektor lain dikampus. Sehingga dapat menghasilkan sumbangan dan aktifitas yang sangat berarti bagi perubahan masyarakat kampus yang sejuk dengan nuansa islami. Waktu terus bergulir tanpa kita saadari dan akhirnya sampai tahap perenungan dan refleksi pergerakan akan kepengurusan yang selama satu tahun ini kami jalani. LDK Sebagai sebuah Organisasi yang mengusung dakwah islam sebagai aktivitas utamanya, dituntut untuk melakukan introspeksi terhadap individu-individu dan realisasi program kerja yang tergabung dalam tatanan organisasi secara keseluruhan. Maka daripada itu, kami segenap pengurus LDKRM masa jihad 2010-2011 akan mempertanggungjawabkan kepada Allah, dihadapan anggota dan pengurus LDKRM serta pihak-pihak terkait. Kami akan melaporkan apa adanya, tanpa ada yang kami tutup-tutupi. Artinya tidak ada sesuatu yang kami ada-adakan atau sembunyikan. Meskipun kami sadar bahwasanya langkah kecil dalam dakwah ini masih jauh dari kesempurnaan dan dalam pepatah pun mengatakan” tak ada gading yang tak retak, tak ada lautan yang tak berombak dan tak ada manusia yang luput dari kesalahan dan kekhilafan.”

II. EVALUASI KONDISI OBJEKTIF
Untuk memahami kondisi Objektif Pengurus, maka kami harus membuka kembali helaian-helaian lontar sejarah yang dengan setia menyimpannya dengan rapi. Kami sadari sepenuhnya bahwa langkah kecil dalam dakwah yang kami jalankan ini masih sangat jauh dari sempurna dan masih banyak kekurangan, kendala dan hambatan yang kami hadapi dalam merealisasikan program kerja kepengurusan 2010-2011. Adapun Kondisi objektif LDK Raudlatul Muttaqin , secara umum diantaranya;
1. Kekurangan
Masih lemahnya potensi kader dalam manajemen organisasi dan manajemen kepemimpinan dan belum memahami amanah yang diembannya.
Solidaritas antar kader masih kurang akibat dari jaringan komunikasi yang belum maksimal.
Lemahnya profesionalisme organisasi akibat banyaknya pengurus yang multi amanah.
Basis pengkaderan belum maksimal, sehingga kurang memahami konsep dan fiqhu da’wah dalam mewujudkan Visi-Misi LDKRM
Sarana pengkaderan dan pembinaan seperti Mentoring, TAWABA dan Kajian belum terlaksana optimal.
Fasilitas administrasidan pendanaan kurang memadai.
Tidak adaanya sosok organisatoris yang bisa mengkoordinir keberjalana setiap program dengan baik.
Belum optimalnya kegiatan kerohanian di Fakultas dan Prodi/ Jurusan sehingga optimalisasi kerjasama dalam menjalankan program-program dakwah tidak maksimal.

2. Kelebihan
Dukungan dari pengurus DKM dan lembaga cukup baik.
Anggota dan pengurus LDK Raudlatul Muttaqin alhamdulillah berprestasi dalam bidang akademik maupun organisasi.
Brain Image/ pandangan masyarakat kampus terhadap kinerja LDKRM cukup baik.
Dapat bekerjasama dengan pihak lain dalam menciptakan kampus religius dengan agenda yang dilaksanakan.

3. Peluang
Dukungan pihak lembaga Universitas Alhamdulillah cukup baik.
Memiliki jaringan di luar kampus dengan terdaftar dalam FSLDK
Adanya upaya kerjasama kegiatan dengan pengurus Hima Prodi.
Psikologi masyarakat saat ini cenderung pada nuansa ke Islam-an.

4. Tantangan
Masih lemahnya pengetahuan mahasiswa terhadap Islam yang sempurna
Kondisi medan da’wah kampus dan kultur mahasiswa kurang kondusif
Latar belakang pendidikan, keluarga, dan lingkungan tempat tinggal masyarakat kampus terutama mahasiswa yang berbeda-beda
Budaya mahasiswa yang hedonis, apatis dan cenderung disorientasi daripada nilai-nilai keikhlasan, jiwa pengorbanan dan kesungguhan.

III. SUSUNAN KEPENGURUSAN

Sebuah organisasi dalam menjalankan peran dalam mencapai tujuannya dibutuhkan suatu tim yang bisa merencanakan konsep yang matang dalam bentuk sistem, mekanisme dan perangkat yang jelas. Pada awal kepengurusan kami mulai menyatukan serpihan serpihan potensi kader kepengurusan untuk ditempatkan sesuai dengan kafaahnya masing-masing untuk membantu terealisasinya tujuan yang akan dicapai. Karena sepandai pandainya seorang pemimpin tanpa ada dukungan dari bawahannya tidak akan berjalan dengan baik dan sebodoh bodoh seorang pemimpin dengan disertai dukungan dari bawahannya sangat besar insyalloh akan berjalan dengan baik”.

Dan inilah para pejuang, pengemban amanah dakwah masa jihad 2010-2011
Ketua : Yayat Nurhidayat
Sekretaris : Iwan Subhan
Bendahara : Nurwinda
Keputrian : Yulianingsih
Sekretaris : Cintia
Bendahara : Lina Munawaroh

Divisi Divisi

A. Kaderisasi
1. Nendi Setiawan
2. Lutfi Abdillah Fauzan
3. Yoga Lesmana
4. Ita Piana
5. Awan
6. Furqon
7. Afnita Octy Maulidya
8. Leti Latifah
9. Nurendah E.A

B. Syiar dan Pelayanan Kampus
1. Prito Windiarto
2. Agusdiawan
3. Galih
4. Ade Rudi
5. Firman
6. Nabila
7. Dina
8. Siti S
9. Mukarromah
10. Tuti

C. Pengembangan Organisasi
1. Arif Santoso
2. Warid
3. M. Khotib
4. Rahmat Slamet
5. Arif Nurdermawan
6. Erisma
7. Asih Sutiasih
8. Yulis
9. Ida
D. Humas
1. Rizki Noviandi
2. Ii Nuriyaturrahmah
3. Mayang
4. Evi
5. Agus Sutisna
6. Opik Taufik Hidayat
7. Gunawan
8. Ihin
9. Arif Ramdani
10. Ade Uus

ADMINISTRASI


Surat Masuk Sebanyak :
Surat Keluar Sebanyak :

DAFTAR INVENTARIS
Terlampir (1)


IKHTITAM

Tiada kata yang bisa terucap, tiada tulisan yang tersirat dan tiada hari yang tak dapat berganti selain kata maaf. Sebuah Organisasi bukanlah individu saja yang bekerja melainkan sebuah tim yang mana satu sama lain saling terkait dan memberikan kontribusi dalam gerak langkahnya. Mudah-mudahan dalam kepengurusan selanjutnya bisa lebih baik lagi. Perjuangan yang kami lakukan dalam da’wah belum seberapa jika dibandingkan dengan perjuangan dan pengorbanan para nabi dan sahabat, para alim ulama dan para penyeru kalimah tauhid “Ashadu allaa ilaahaillallah wa ashadu annaa muhammadarrasulullah” serta para pendiri dan pendahulu Organisasi kita LDK Raudlatul Muttaqin.

Nietzche pernah berkata ” sungguh orang yang yang paling kuatpun pernah merasa kelelahan”. Maka ”sesekali beristirahatlah, bukan untuk terlena, tapi mengumpulkan tenaga dan semangat baru untuk perjuangan berikutnya”. Kami berkeyakinan ini bukanlah akhir dari aktivitas dakwah yang mulia ini. Doakanlah agar kami bisa tetap istiqomah dalam jalan ini. Kami ucapkan terima kasih kepada seluruh pengurus, anggota dan berbagai pihak yang telah turut mensukseskan seluruh kegiatan LDK Raudlatul Muttaqin Masa Jihad 2010-2011. Semoga Allah membalas segala kebaikan antum wa antunna sekalian. Dan dinamika gerak langkah dalam dakwah ini bisa dijadikan ibroh/ pelajaran untuk keorganisasian yang lebih baik lagi.

Astagfirulloh hal’adzim.....
Astagfirulloh hal’adzim.....
Astagfirulloh hal’adzim waatuubuilaih...

Intansyurulloh yansyurkum wayusabit akdaamakum....
Syukron Jazakalloh


Ketua LDK Raudlatul Muttaqin
Universitas Galuh 2010-2011



Yayat Nurhidayat

0 komentar:

Post a Comment